Caribatubara's Blog

Just another WordPress.com weblog

Jakarta, apbi-icma – Pemrosesan batu bara menjadi gas atau gasifikasi

leave a comment »

Jakarta, apbi-icma – Pemrosesan batu bara menjadi gas atau gasifikasi mulai dilirik untuk mendukung penyediaan bahan baku pupuk kimia agar menunjang intensifikasi pertanian. Teknologi gasifikasi batu bara sebetulnya juga menunjang produksi batu bara cair sebagai substitusi bahan bakar minyak, tetapi sampai saat ini pemerintah belum membuat kebijakan untuk penerapannya.

”Kajian gasifikasi batu bara sudah dilaksanakan dan selanjutnya untuk proses industrialisasinya diserahkan ke departemen lain,” kata Dirjen Minyak dan Gas Bumi Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral Evita Legowo, Jumat (9/1) di Jakarta.

Secara terpisah, Direktur Teknologi Pengembangan Sumber Daya Energi pada Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Unggul Priyanto mengatakan, teknologi gasifikasi dan pencairan batu bara hingga saat ini sudah dikuasai. Namun, untuk penerapannya mempersyaratkan empat hal yang harus diupayakan pemerintah. Keempat hal itu meliputi kebijakan pemerintah agar mampu menekan harga batu bara untuk pasar domestik, menciptakan jaminan pasar, insentif pajak, dan penyediaan deposit batu bara.

Menurut Unggul, pemerintah dapat mengikuti kebijakan yang sudah ditempuh Pemerintah Afrika Selatan yang sudah memproduksi batu bara cair dan secara efektif menggunakan batu bara di mulut tambang untuk pembangkit listrik.

Menekan harga batu bara domestik, menurut Unggul, dapat dilakukan dengan memilah batu bara dengan kualitas rendah dan tinggi. Harga batu bara kualitas tinggi bisa mengikuti harga pasar internasional dan ditujukan untuk ekspor, sedangkan batu bara kualitas rendah untuk domestik harus ditekan harganya.

Soal jaminan pasar, menurut Unggul, dapat diwujudkan dalam bentuk pemenuhan kebutuhan listrik dan substitusi BBM. Pemerintah perlu mendorong pengusaha tambang sekaligus menjadi pemilik usaha pembangkit listrik dengan bahan baku hasil tambangnya.

Syarat minimal deposit batu bara untuk pencairan minimal 200 juta ton. Saat ini diketahui deposit batu bara sedikitnya 7 miliar ton.

”Naik turunnya harga minyak bumi internasional saat ini juga menyebabkan pemerintah maju mundur untuk industri pencairan gas,” kata Unggul.

Sumber: Kompas, Monday, 12 January 2009 3:40 PM

Written by caribatubara

February 25, 2009 at 14:54

Leave a comment